inilah proses ku

malam ini, mata ku tak maw berkompromi dengan ku.. badan ini telah lelah menjalani hari tapi raga ini tak kunjung jua merasa lelah… pikiran ku, entah mengapa dia tidak maw berhenti untuk berkelana.. sepi, hening, begitu tenang di luar tapi begitu ramai di dalam otak ku. malam adalah waktu dimana ku bisa merenungkan tentang apa yang telah ku jalani, hal-hal yang telah ku lewati.

kadang ku sering berfikir, kenapa aku sering kali bingung. bingung terhadap banyak hal dalam hidup ku. keadaan yang sering kali sangat menyita pikiran ku, walau ku sudah bisa berkompromi dengan masalah ku yang satu ini. sekarang ini ku sedang dibingungkan dengan manusia.

waktu terus berjalan dan hidup pun berubah. kini ku tahu bahwa ku tak bisa untuk tidak berubah. perubahan itu membuatku bertemu dengan begitu banyak orang yang berbeda-beda dengan lingkungan yang juga berbeda. entah mengapa, tapi mereka semua membuat ku menjadi semakin tidak tahu. begitu banyak keterkejutan ku muncul, tak pernah menyangka bahwa mereka benar-benar tidak seperti yang terlihat. membuat ku takut dan bingung.. pada akhirnya semua itu membuat ku sangat lelah.. kini, menyadari bahwa ku memang perempuan berumur 21 tahun tapi berjiwa gadis 15 tahun.

sekarang ini yag ku tahu adalah ku tak boleh berhenti, terus berjalan untuk terus mencari tahu,. keluar dari kebingungan-kebingungan ku walaupun akan ada kebingungan-kebingungan yang lain.. mungkin inilah yang disebut berproses, perubahan ku untuk menjadi lebih dewasa, keluar dari zona ku.. benar-benar merasakan kuatnya hantaman dunia yang selama ini ku hindari, dunia yang ku sebut sebagai dunia nyata, dunia kehidupan..

Iklan

Pemilu Membuatku Bingung

Indonesia sekarang ini sedang terkena demam pemilu. Di setiap sisi jalan, di semua tempat yang kita lihat, kita akan disajikan barbagai atribut kampanye partai politik yang sedang berlomba2 memenangi pemilu. Setiap hari diberita, baik lokal maupun nasional, media cetak, televisi, maupun lewat radio, pasti tidak jauh2 dari berita pemilu. Kadang saya melihat orang2 tersebut hanya memikirkan bagaimana caranya agar mereka dapat mengumpulkan suara sebanyak mungkin sehingga pada akhirnya mereka dapat menduduki kursi panas itu. Yah, memang itulah pekerjaan mereka. Saya tidak akan membahas bagaimana mereka berlomba2 menghambur2kan uang atau mengumbar janji2 yang tidak pasti, kita pasti sudah bisa mendapatkan berita2 itu diamana pun dan kapan pun kita mau.

ehm, tapi disini, saya sebagai masyarakat biasa justru sedang merasa bingung. bingung terhadap nasib hak memilih saya. apakah saya harus menggunakan hak saya dalam memilih atau hak saya untuk membebaskan pilihan saya alias golput. jujur saja, saya sempat terpengaruh dengan tulisan atau himbauan bahwa kita dilarang golput. mungkin memang benar bahwa golput tidak baik untuk proses demokrasi di negeri ini. tapi, jauh dari lubuk hati saya, saya akan merasa bersalah jika saya menggunakan hak pilih saya. saya mempunyai alasan untuk itu. saya tidak mau untuk memilih kucing dalam karung. lho, kenapa saya berfikir seperti itu? ya karena saya merasa tidak mengenal para calon anggota daerah pilihan saya, tau nama mereka pun tidak, hanya satu atau dua nama saja yang saya ketahui, itupun dari obrolan2 singkat keluarga atau teman saja.

saya adalah seorang mahasiswi dari uns, jarak rumah saya dari solo jika ditempuh dengan bis kira2 memakan waktu sekitar 6-7 jam, dan saya sedang disibukkan dengan tugas akhir kuliah serta berbagai kesibukan lainnya. hal inilah yang membuat saya jarang sekali pulang, sudah sekitar 2 bulan lebih saya tidak pulang, dengan frekuensi pulang saya ini menyebabkan saya tidak tahu banyak mengenai perkembangan kampanye politik di daerah saya. bisa dibilang saya lebih familiar terhadap para calon anggota2 parpol solo dibandingkan para calon dari daerah saya sendiri.

nah, disnilah masalah yang membuat saya bingung. apakah saya tetap menggunakan hak pilih saya dan memiih calon anggota legislatif yang hanya tau dari kata orang saja, atau tidak menggunakan hak pilih saya, dari pada nanti saya salah pilih.. saya yakin, banyak alas an mengapa kita menjadi golput, mungkin ada yang mempunyai alas an sama dengan saya, dan pastinya masih banyak lagi alas an yang berbeda2. Sebenarnya menjadi golput bagi saya mempunyai arti yang penting karena saya menyadari, suara saya walaupun hanya satu tapi mempunyai dampak yang besar. Hanya satu hari kita memilih, hanya sebentar saja waktu yang diperlukan untuk mencontreng tapi dampaknya akan bertahan selama 5 tahun kedepan, belum lagi jika suara2 golput itu sendiri dikumpulkan, wah sudah berapa banyak masyarakat yang tidak mempercayai para calon anggota dewan tersebut..

masih ada waktu beberapa hari untuk berfikir. Ehm, semoga pada waktunya nanti saya bisa  menggunakan hak pilih saya secara bijak, baik untuk berpartisipasi maupun menjadi golput. Yang jelas saya ingin bangsa ini menjadi lebih baik..

apakah ini kebetulan???

Maw cerita niyh,,
kemaren pas pulang ke rumah tiba2 saya kepikiran sesuatu.. pernah ga merasakan yang namanya kebetulan? Kebetulan bertemu orang yang rupanya dia itu punya hubungan dengan kita padahal orang itu sebelumnya tidak pernah kita kenal? Waktu pulang ke rumah saya mengalami hal itu di bis, bis saya adalah bis jurusan Solo- Bandung.. ada cerita menarik bagi saya selama perjalanan pulang itu. Di mulai waktu di terminal saya bertemu dengan adik tingkat saya yang sebenernya saya tidak begitu tau siapa dia, dulu kita satu smp tapi beda sma, dia sma di sma 1 purwokerto dan saya di sma 1 majenang. Sampai waktu bulan puasa kemaren kita, anak-anak majenang, punya inisiatif buat ngumpulin anak-anak majenang yang tersesat di solo,he.. dan akhirnya bertemulah saya dan dia disana.
Cewek manis berjilbab ini bernama arfi, anaknya rame n baik.. Nah, rupanya kita mempunyai tempat duduk yang terpisah satu sama lain, kebetulan saya duduk di no 5 dan dia no 10, akhirnya kita memutuskan untuk duduk bareng dengan meminta teman duduknya arfi untuk bertukar tempat dengan saya. Nah, temen duduknya ini cowok, lumayan siyh cz arfi sempet bercanda marah2 gara2 dia menyesal tidak duduk dengan mas nya, ehm… dan rupanya masnya duduk ndirian,. Kebetulan Saya pulang membawa laptop, akhirnya saya memutuskan untuk menitipkan tas laptop saya disebelahnya mas nya yang kebetulan kosong (yang rupanya baru saya sadari kalo di dalam tasnya tidak ada chargernya!!!!).
Awalnya kita tidak saling ngobrol, sampai waktu saya memutar lagunya jason mraz yang judulnya i’m yours itu, tiba2 si masnya minta diputerin lagi (maklum, naik bis jabar yang ada juga lagu dangdutan semua,hee), dan dari situ akhirnya kita kenalan. Namanya ihsan, Yang buat saya kaget rupanya dia itu temennya teman arfi waktu kecil (nah lho?), Jadi si temennya arfi ini orang jakarta yang punya nenek di majenang jadi kl lebaran suka mudik, nah pas kecil tuh mereka suka maen bareng, skg udah jarang banget ketemu, katanya masnya itu kuliah di unsoed yang rupanya dia temen sekelasnya ihsan.,dan si arfi ini punya kenangan yang to tweeet banget gitu ma masnya, katanya mereka dulu pernah maen bareng ke sawah trz maen layang2 dan menghabiskan masa kecil yang menyenangkan bersama,hee. Dan dia juga kenal ma temen2nya arfi yang lain. Setelah kita ngobrol2 bareng, mas ihsan berpendapat bahwa hari ini adalah hari yang aneh buat dia cz awalnya dia berfikir bahwa dia akan pulang dari solo ke ciamis sendirian, tanpa orang yang dia kenal, tapi rupanya dia palah ketemu ma oarang yang kenal ma temen maennya di kampus dan dia mendapat 2 kenalan baru di dalam bis..
Ehm.. mungkin cerita diatas terdengar biasa,. Buat saya itu juga suatu pengalaman yang sangat menarik cz saya bisa melihat 2 orang yang begitu exited waktu tahu dia ketemu ma orang yang dia ga kenal tapi dia tahu ma orang yang dia kenal (yang rupanya dia juga udah pengen banget ndenger kabar tentang orang itu)… kalo saya bilang itu adalah salah satu kebetulan yang luar biasa yang menambah bumbu dalam kehidupan dan kadang-kadang memupuk harapan bahwa memang ada kebetulan yang menyenangkan dan sesekali membenahi benang2 takdir..
Ada yang pernah merasakan itu????
He…

kemarin saya….

rabu,25 meret…

itu adalah hari terindah untuk ku..

pada tanggal itu, tepat 21 tahun yang lalu saya dilahirkan kedunia ini..

kemaren banyak yang baru pertama kali terjadi dalam hidup ku.. mungkin itu adalah malam terindah dihari ulang tahun ku..

tidak banyak yang bisa saya tuliskan, karena tidak ada kata yang bisa menggabarkan semua yang saya rasakan.. hanya ingin kenangan saya pada hari itu bisa saya ingat selama yang saya bisa..

pergi berburu bakteri…..

sudah tiga minggu terakhir ini saya setiap minggu pergi ke jojga. bisa dibilang pengalaman yang baru buat saya karena sebelumnya saya jarang buat ke jogja, apalagi ini dalam jangka waktu yang dekat dan dengan tujuan yang benar,heeee.. maksud saya benar disini adalah bukan buat maen2. bayangin, harus ke jogja cuma buat nyari bakteri yang kita belum tentu tau itu bakteri kaya apa bentukannya.
waktu minggu pertama, saya seneng banget ke jojga cz ini pengalaman pertama saya buat naik trans jogja,he.. trz ke kampus ugm buat pesen yang namanya bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. mungkin diantara kalian ada yang tau itu bakteri buat pa, tapi pasti banyak juga yang ga tau itu jenis apaan… yups, tu bakteri emang bertugas buat ngrubah susu jadi minuman yang namanya yoghurt.. nah setelah nyari2 tempat di ugm yang membudidayakan bakteri iru, akhirnya di dapatkanlah PAU yang ngejual berbagai macam jenis keluarga bakteri. dan berangkatlah saya kesana. pas udah disana rupanya harga bakterinya itu bener2 mantap, satu tabung harganya 200 rb, gila mahal banget (besok kapan2 saya posting fotonya), tapi apa mau dikata, akhirnya yah dibelilah bakteri itu dan disepakati kita ambil 1 minggu kemudian.. setelah tenang karena udah bida dapet bakterinya, kita makan2 dulu di foodcourt ugm, trz ya sudah saya pulang lagi ke solo naik pramex.
satu minggu berlalu, akhirnya saya berangkat lagi ke jogja buat ambil bakteri itu. pas kita udah di PAU UGM bapaknya lagi keluar, dan kita ditangani ma bapak2 yang kata temen saya mukanya kaya ilmuwan misterius pembunuh berdarah dingin,hahaha.. tapi bapak yang ngurusin bakterinya kita datang juga, dan kita terselamtkan. bapaknya ngasih bakteri ke kita, dan kata bapaknya bakteri kita tuyh ga tumbuh, trz diganti ma stock yang ada di lab, awalnya kita bersyukur banget dapet bakteri yang utuh dan sehat. nah, pas kita udah balik, rencananya saya maw nanem tuyh bakteri di media MRS,. saya dan temen saya, retnati, kita bareng2 nanem tuyh bakteri buat penelitian skripsi kita. kalau sesuai rencana, bakterinya bisa kita pake 1-2 hari setelahnya… hari yang ditunggu telah dateng, TAPII….. ternyata bakterinya GA tumbuh!!!! bakterinya mati semua..hiks2… rupanya ada kesalah prosedural pada saat bawa tuyh bakteri dari jogja-solo, dan emang bakterinya juga ga begitu fit juga. setelah menangis2 gara2 tuyh bakteri mati (lebay..), ada dosen pembimbing kita yang berbaik hati memesankan bekteri dengan jenis yang sama ke temennya yang da di UGM juga. dan sekarang ini saya sedang beristirahat bentar di plaza foodcourtnya ugm mbil nunggu bapak yang di lab biotek TP UGM siap.. saya berdoa semoga bakteri itu ga ngambek lagi dan menyelamatkan skripsiku dari kebuntuan,amien,,,. hehehe
nah itu ceritanya kenapa saya bilang 3 minggu untuk berburu bakteri….

posting apa yah…..

Udah lama nih ga posting, udah di tagih postingan sama orang-orang. Tapi belum ada ide…. nunggu ide keluar yah…
sebenarnya aku ingin posting, tapi ga tau mau posting apa. Ini sih, aaah… tau ah….
*dijitakin*

Menulis untuk Menulis

wordpress-logo-shineTernyata setelah saya mulai mengamati dan memasuki dunia yang benar-benar ‘berbeda’ ini, aktivitas menulis sepertinya akan menjadi menyenangkan. Kemudian yang kedua adalah, satu kata, one word that called BLOG! sepertinya berada jauh di awang-awang. Namun ternyata semua itu menjadi seperti begitu dekat di depan mata, kemarin tanggal 30 Nopember saya bertemu dengan para blogger yang menghuni dan membuat ramai dunia maya yang nyata itu. di acara Kopdar Blogger Solo. Para Blogger kelas mafia triad *just kid* 😀 berada di depan mata saya dan ngobrol bersama saya bahkan, setelah itu makan bareng malahan.

Blog, sekali lagi blog. Dari sebuah blog bisa lahir bermacam-macam tulisan, opini, ilmiah, curhat, tulisan yg kadang disebut gak penting oleh si penulisnya sendiri, atau bahkan tulisan yang begitu singkat dan padat namun terlalu dalam dan tidak sepadan dengan singkatnya kalimat itu. Tapi dahsyatnya sebuah tulisan bisa membuat si pembaca berubah pikiran, berubah sikap, dan bahkan bisa jadi berubah seluruh hidupnya. Dan, hal ini terjadi pada orang-orang disekitar saya! 🙂 Saya kemudian berpikir, yah seperti mbah Rene Descartes yang menyatakan Cognito ergo sum (aku berpikir maka aku ada!), bahwasanya yang namanya tulisan, itu akan abadi “writing is eternal”.

Pertama yang akan saya rasakan adalah : “BeTe”, dan saya akan mengatakan “Chape deh”. hahaha, saya rasa itu manusiawi, semua yang belum menjadi kebiasaan akan terasa janggal dan bingung membingungkan. Namun saya pikir, just make it flow! toh menulis itu adalah sebuah habit yang luar biasa kan, luar biasa positif!

“Orang yang memiliki kebiasaan menulis memiliki kondisi mental lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya “ hal ini disampaikan oleh James Pennebaker, Ph.D., dan Janet Seagal, Ph.D., University of Texas, Austin, dalam Journal of Clinical Psychology. Dan saya juga membaca dalam salah satu koran mingguan, bahwa menulis itu mengurangi tingkat kesetresan hingga 50%. wuiih, ilmiah banget sih, jad ga enak :D. Sekarang, saya akan memulai menulis, saya akan belajar menulis, saya akan menulis untuk menulis.. yup, menulis untuk menulis… jadi biarkan saya menuliskan apa yang saya inginkan. Kata orang, tulisan ada yang bagus dan nggak bagus, itu bukan masalah, toh bagus dan tidak itu sangat relatif dan tidak ada kebenaran absolute dalam konteks ini.

Seperti yang dibilang Forrest Gump ” I.. just run..” dan semua akan menjadi bonus.. 😀