Menulis untuk Menulis

wordpress-logo-shineTernyata setelah saya mulai mengamati dan memasuki dunia yang benar-benar ‘berbeda’ ini, aktivitas menulis sepertinya akan menjadi menyenangkan. Kemudian yang kedua adalah, satu kata, one word that called BLOG! sepertinya berada jauh di awang-awang. Namun ternyata semua itu menjadi seperti begitu dekat di depan mata, kemarin tanggal 30 Nopember saya bertemu dengan para blogger yang menghuni dan membuat ramai dunia maya yang nyata itu. di acara Kopdar Blogger Solo. Para Blogger kelas mafia triad *just kid* πŸ˜€ berada di depan mata saya dan ngobrol bersama saya bahkan, setelah itu makan bareng malahan.

Blog, sekali lagi blog. Dari sebuah blog bisa lahir bermacam-macam tulisan, opini, ilmiah, curhat, tulisan yg kadang disebut gak penting oleh si penulisnya sendiri, atau bahkan tulisan yang begitu singkat dan padat namun terlalu dalam dan tidak sepadan dengan singkatnya kalimat itu. Tapi dahsyatnya sebuah tulisan bisa membuat si pembaca berubah pikiran, berubah sikap, dan bahkan bisa jadi berubah seluruh hidupnya. Dan, hal ini terjadi pada orang-orang disekitar saya! πŸ™‚ Saya kemudian berpikir, yah seperti mbah Rene Descartes yang menyatakan Cognito ergo sum (aku berpikir maka aku ada!), bahwasanya yang namanya tulisan, itu akan abadi “writing is eternal”.

Pertama yang akan saya rasakan adalah : “BeTe”, dan saya akan mengatakan “Chape deh”. hahaha, saya rasa itu manusiawi, semua yang belum menjadi kebiasaan akan terasa janggal dan bingung membingungkan. Namun saya pikir, just make it flow! toh menulis itu adalah sebuah habit yang luar biasa kan, luar biasa positif!

“Orang yang memiliki kebiasaan menulis memiliki kondisi mental lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya “ hal ini disampaikan oleh James Pennebaker, Ph.D., dan Janet Seagal, Ph.D., University of Texas, Austin, dalam Journal of Clinical Psychology. Dan saya juga membaca dalam salah satu koran mingguan, bahwa menulis itu mengurangi tingkat kesetresan hingga 50%. wuiih, ilmiah banget sih, jad ga enak :D. Sekarang, saya akan memulai menulis, saya akan belajar menulis, saya akan menulis untuk menulis.. yup, menulis untuk menulis… jadi biarkan saya menuliskan apa yang saya inginkan. Kata orang, tulisan ada yang bagus dan nggak bagus, itu bukan masalah, toh bagus dan tidak itu sangat relatif dan tidak ada kebenaran absolute dalam konteks ini.

Seperti yang dibilang Forrest Gump ” I.. just run..” dan semua akan menjadi bonus.. πŸ˜€

35 Responses to “Menulis untuk Menulis”


  1. 1 Alex Desember 2, 2008 pukul 1:55 pm

    posting di blog membuat tulisan kita bisa dinilai orang

    salam kenal mbak

  2. 2 Andy MSE Desember 2, 2008 pukul 2:04 pm

    Yups…
    *sekedar menyegarkan, blog asal katanya dari weblog, terdiri dari dua kata web dan log. Web menunjukkan tempatnya di jaringan maya, log menunjukkan sifatnya sebagai logbook atau buku catatan atau buku harian. Pada dasarnya sebuah weblog adalah website, tidak ada perbedaan dari sisi teknis. Karena ada seseorang weblogger yang usil menuliskan kata “weblog” menjadi “we blog”, kekaprahan berlanjut dan ketika kebiasaan menulis di web menggejala sedemikian dahsyat, kata blog menjadi lebih dikenal. Ini mendorong beberapa penyedia layanan untuk memberikan layanan gratis untuk nge-blog…
    Happy writing, Happy blogging!!!
    **Senang berkenalan denganmu!…

  3. 3 Andy MSE Desember 2, 2008 pukul 2:06 pm

    Saya suka Forest Gump…
    Kenangan terindah ketika saya dan istri nonton premier di Semarang, waktu itu istri sedang hamil anak saya yang pertama. Itu terjadi 14 tahun yang lalu…
    Soal nge-blog…. saya sih just nge-blog and nge-blog ajah, hehe

  4. 4 diana Desember 2, 2008 pukul 2:21 pm

    iyaah..
    ternyata ak menemukan “duniaku” lagi ditulisan2 itu..
    ak bs menjadi apapun dan berbicara apapun..
    tentunya bisa menambah teman,,menambah ilmu,,jd semakin kaya jiwa.
    tulisannya keren..

  5. 5 inidanoe Desember 2, 2008 pukul 4:29 pm

    menulis untuk menulis. . .
    dari fiksi sampai skripsi. . . πŸ˜€
    :handshake:

  6. 7 antobilang Desember 2, 2008 pukul 4:39 pm

    Tulis aja apa yang ingin kita tulis, karena menulis adalah salah satu cara untuk melawan lupa. Tidak perlu takut atau khawatir dengan kualitas tulisan, karena saya pikir semuanya itu perlu proses. Konsistensi menulis akan membimbing evolusi tulisan kita.

    Eniwei, nice post πŸ˜‰

  7. 9 iman Brotoseno Desember 2, 2008 pukul 4:48 pm

    Kunjungan titian muhibah…..
    salam kenal ( atas rekomendasi bloger mafia triad )

  8. 10 Goen Desember 2, 2008 pukul 4:49 pm

    @ antobilang: Ntok, skri***mu dah kelar ditulis?

    *kabur les MS Word*

  9. 11 nonadita Desember 2, 2008 pukul 4:52 pm

    Punya ruang untuk berbagi itu menyenangkan rasanya, coba dan nikmati deh! Sekarang menulis, yakinlah akan ada banyak beragam hal yang mengikutinya kemudian.

    Welcome to blogosphere, Zo!

  10. 12 ngodod Desember 2, 2008 pukul 5:01 pm

    nulis trus ya mbak….

  11. 13 s H a Desember 2, 2008 pukul 5:25 pm

    Mba zo. . . Gila….. Keren abiz ! Kemarin aku jatuh cinta padamu mba, sekarang aku jatuh cinta ma tulisanmu juga. Hehehe πŸ™‚

  12. 14 alle Desember 2, 2008 pukul 7:10 pm

    salut,..
    semoga semangat ngeblognya gak luntur seiring zaman πŸ˜€
    salam kenal

  13. 15 westnu Desember 2, 2008 pukul 8:37 pm

    dan ngeblog membutuhkan spirit… πŸ™‚

  14. 16 adit38 Desember 3, 2008 pukul 12:41 pm

    Setuju…., salam kenal mba…, saya tau blog ini dari peringkat post of the day, di peringkat 92 utk saat ini….

  15. 17 burhanshadiq Desember 3, 2008 pukul 2:08 pm

    Blogger Triad? kayak gimana ya mba orangnya?

  16. 18 yodama Desember 3, 2008 pukul 10:07 pm

    Ikatlah ‘Ilmu dengan menuliskannya. πŸ™‚

  17. 19 paman tyo Desember 4, 2008 pukul 12:21 am

    selamat datang untuk saya, eh selamat datang di rimba kata blog. kehadiran blog ini dan blogernya pada sebuah acara di solo telah menjadi ruap di mulut botol, yang terlihat dan terdengar dari jauh… πŸ™‚

  18. 20 kangmasiqbal Desember 4, 2008 pukul 4:23 pm

    Peran seorang penulis bukanlah untuk menyampaikan apa yang kita dapat ucapkan, melainkan mengutarakan apa yang tak mampu kita katakan.(Ana Nin).
    Menulis adalah sebentuk schizophrenia yang diterima secara sosial. (E.L)
    Salam kenal dari masiqbal.

  19. 21 gedeblog Desember 5, 2008 pukul 1:05 pm

    motivasi itu yg paling penting….., habis itu ‘Just do it’ aja mbak… πŸ™‚

  20. 22 faisal Desember 5, 2008 pukul 10:32 pm

    mbak soraya cantik…
    bsug nek rapat blogos dateng lg y mbak

  21. 23 ar Desember 11, 2008 pukul 1:00 pm

    “Seperti yang dibilang Forrest Gump ” I.. just run..” dan semua akan menjadi bonus.. :D”

    Cuma sayang aku gak kebagian bonus..

  22. 24 kurnia Desember 12, 2008 pukul 5:51 am

    ow ini to mbak soraya?
    kemaren ada yang nitip salam pas saya di jakarta
    coba cek aja di milis mbak

    hemmm… tulisan sampeyan enak mbak
    lanjut yo…. wes apalah iku, sek penting ngeblog πŸ™‚

  23. 25 ressay Desember 12, 2008 pukul 6:44 pm

    Menulis?

    Imam Ali bin Abi Thalib pernah berkata, “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.”

    hminews[dot]com membawa semangat: “Karena peradaban harus ditulis.”

    Kata Pak Hernowo (guru bahasa indonesiaku waktu di SMA, penulis buku juga), pernah berkata: “Mulailah belajar menulis dari menulis diary. Maka dari itu, mulai sekarang saya wajibkan Anda untuk menulis diary dan tiap kali pelajaran saya, silakan ditunjukkan kepada saya.”

    Kata Kang Jalal: Tuliskanlah apa yang ada di dalam otakmu. Mainkan keyboardmu, jangan sampai ada yang menghambat proses penuangan ide-ide yang ada di otakmu.

  24. 26 Dony Alfan Desember 13, 2008 pukul 12:05 am

    Blogmu udah didatengi para seleb blog, makanya terus nulis yak, jangan bikin kuciwa para pembaca, haha
    Oya, hati-hati dengan blogger yang namanya Andy mse, dia itu blogger cap boyo, memangsa setiap wanita yang ditemuinya πŸ˜›
    Salam kenal dik Yolanda, eh Zoraya….

  25. 27 Tukang Nggunem Desember 13, 2008 pukul 12:59 am

    Dik Zolanda, eh melu2 kleru…Zoraya maksud saya…hahaha…saya urun nggunem disini ndak papa ya…sekalian saya mau mengucapken selamat datang di dunia blogosphere(halah koyo aku wae sing duwe), pesen saya cuma satu hati-hati dengan blogger yang namanya Andy mse, dia itu blogger cap boyo, memangsa setiap wanita yang ditemuinya πŸ˜› ( kok koyo wes tau moco pesen iki ya?? o iya podo plek ro pesene si Dony, lha wong pancen mung tak copy thok… hahahaha..).

    Oke segitu aja, selamat ngeblog….salam kenal…

  26. 28 bewe Desember 14, 2008 pukul 2:49 pm

    Tulisan saya jelek, makanya saya nulis di blog biar jeleknya tidak terlalu kentara.

  27. 29 Dhanang Sukmana Adi Desember 14, 2008 pukul 6:25 pm

    iyah bener, menulis adalah kreatifitas yang dapat membuka mata pikiran kita, karena dengan menulis kehidupan kita lebih jadi terbuka dan hati kita seperti plong..ya menulis itu secara psikologis baik buat jiwa jiwa..mbak mampir yah di sini

  28. 30 Andy MSE Desember 18, 2008 pukul 8:04 pm

    BOSEN… blog kok jarang apdet… tiap kesini kecelik mulu… hah???

    @Dony & Tukang Cangkeman: asyem tenan kowe!

  29. 31 tukyman Desember 19, 2008 pukul 9:39 am

    seiring waktu berlalu begitu cepat
    aku datang keblogmu dengan membawa Software can’t copy CD πŸ™‚
    salam kenal

  30. 32 afieagp Desember 20, 2008 pukul 10:00 pm

    salam kenal. tulisan barunya ditunggu

  31. 33 masiqbal Desember 23, 2008 pukul 10:22 am

    πŸ˜€ lima kali saya berkunjung blog ini… (ojo percoyo tulisanku) ko ga ada tulisan yang baru ya… πŸ˜€ di tunggu tulisan selanjutnya

  32. 34 masiqbal Januari 3, 2009 pukul 10:04 am

    masiqbal mengucapkan selamat tahun baru 2009 semoga pada tahun ini diberikan yang terbaik dan lebih baik dari tahun kemaren… amin… πŸ™‚

  33. 35 setanmipaselatan Februari 23, 2009 pukul 9:21 am

    iya, kebodohan saya juga jadi abadi. tulisan-tulisan saya waktu jaman jahiliyah dulu ndak saya apusin, soale. jadinya keliatan banget kalo otak saya begitu sempitnya pas masih muda πŸ˜†


Tinggalkan Balasan

