Pemilu Membuatku Bingung

Indonesia sekarang ini sedang terkena demam pemilu. Di setiap sisi jalan, di semua tempat yang kita lihat, kita akan disajikan barbagai atribut kampanye partai politik yang sedang berlomba2 memenangi pemilu. Setiap hari diberita, baik lokal maupun nasional, media cetak, televisi, maupun lewat radio, pasti tidak jauh2 dari berita pemilu. Kadang saya melihat orang2 tersebut hanya memikirkan bagaimana caranya agar mereka dapat mengumpulkan suara sebanyak mungkin sehingga pada akhirnya mereka dapat menduduki kursi panas itu. Yah, memang itulah pekerjaan mereka. Saya tidak akan membahas bagaimana mereka berlomba2 menghambur2kan uang atau mengumbar janji2 yang tidak pasti, kita pasti sudah bisa mendapatkan berita2 itu diamana pun dan kapan pun kita mau.

ehm, tapi disini, saya sebagai masyarakat biasa justru sedang merasa bingung. bingung terhadap nasib hak memilih saya. apakah saya harus menggunakan hak saya dalam memilih atau hak saya untuk membebaskan pilihan saya alias golput. jujur saja, saya sempat terpengaruh dengan tulisan atau himbauan bahwa kita dilarang golput. mungkin memang benar bahwa golput tidak baik untuk proses demokrasi di negeri ini. tapi, jauh dari lubuk hati saya, saya akan merasa bersalah jika saya menggunakan hak pilih saya. saya mempunyai alasan untuk itu. saya tidak mau untuk memilih kucing dalam karung. lho, kenapa saya berfikir seperti itu? ya karena saya merasa tidak mengenal para calon anggota daerah pilihan saya, tau nama mereka pun tidak, hanya satu atau dua nama saja yang saya ketahui, itupun dari obrolan2 singkat keluarga atau teman saja.

saya adalah seorang mahasiswi dari uns, jarak rumah saya dari solo jika ditempuh dengan bis kira2 memakan waktu sekitar 6-7 jam, dan saya sedang disibukkan dengan tugas akhir kuliah serta berbagai kesibukan lainnya. hal inilah yang membuat saya jarang sekali pulang, sudah sekitar 2 bulan lebih saya tidak pulang, dengan frekuensi pulang saya ini menyebabkan saya tidak tahu banyak mengenai perkembangan kampanye politik di daerah saya. bisa dibilang saya lebih familiar terhadap para calon anggota2 parpol solo dibandingkan para calon dari daerah saya sendiri.

nah, disnilah masalah yang membuat saya bingung. apakah saya tetap menggunakan hak pilih saya dan memiih calon anggota legislatif yang hanya tau dari kata orang saja, atau tidak menggunakan hak pilih saya, dari pada nanti saya salah pilih.. saya yakin, banyak alas an mengapa kita menjadi golput, mungkin ada yang mempunyai alas an sama dengan saya, dan pastinya masih banyak lagi alas an yang berbeda2. Sebenarnya menjadi golput bagi saya mempunyai arti yang penting karena saya menyadari, suara saya walaupun hanya satu tapi mempunyai dampak yang besar. Hanya satu hari kita memilih, hanya sebentar saja waktu yang diperlukan untuk mencontreng tapi dampaknya akan bertahan selama 5 tahun kedepan, belum lagi jika suara2 golput itu sendiri dikumpulkan, wah sudah berapa banyak masyarakat yang tidak mempercayai para calon anggota dewan tersebut..

masih ada waktu beberapa hari untuk berfikir. Ehm, semoga pada waktunya nanti saya bisa  menggunakan hak pilih saya secara bijak, baik untuk berpartisipasi maupun menjadi golput. Yang jelas saya ingin bangsa ini menjadi lebih baik..

Iklan

10 Responses to “Pemilu Membuatku Bingung”


  1. 1 masmpep April 6, 2009 pukul 11:38 am

    tak perlu bingung. disukseskan saja. kita tak dapat melahirkan pemimpin dari ‘jalanan’….

    dari uns? jurusan apa?

    salam blogger,
    masmpep.wordpress.com

  2. 2 zoeputri April 6, 2009 pukul 3:48 pm

    maspem : dari jurusan Teknologi Pangan
    ok, mksh y masukannya 🙂
    salam bloger juga..

  3. 3 masmpep April 7, 2009 pukul 7:35 am

    kapan2 maen ke masmpep.wordpress.com yak.

    salam,
    mpep

  4. 4 Bhi.... April 7, 2009 pukul 7:13 pm

    ehmmm, jadi mendingan memilih atau tidak memilih? daripada milih slah mendingan ga milih? atau…. sekedar tanggung jawab moral sbg warga negara ajah… klo kita tahu pilihan kita benar, knp tidak?

  5. 5 zoeputri April 7, 2009 pukul 8:10 pm

    maspem : ok.. kapan2 saya men ke blog nya maspem..

  6. 6 almascatie April 7, 2009 pukul 8:21 pm

    lebih baek ga usah milih deh.. golput jg gpp… mungkin laen kali anda baru bisa milih setelah yakin..
    :mrgreen:
    *salam*

  7. 7 s H a April 7, 2009 pukul 10:50 pm

    sama nie mba, aku juga bingung. Orang aku yang notabene orang solo aja gag ben=gitu ngerti kok. Paling gg, gg ngerti secara keseluruhan. Penginnya tuh jelas siapa dan kaya apa mereka

  8. 8 fa April 14, 2009 pukul 11:49 am

    Keputusan akhirnya gimana?
    Jadi nyontreng ngga kemarin??
    dari SMANSA Majenang juga Ya?
    salam ngeblog ya……
    ditunggu coretan2 selanjutnya…. 🙂

  9. 9 aNGga Labyrinth™ April 19, 2009 pukul 9:32 pm

    Hhmm… bingung ya.. rasanya semua orang juga akan bilang kayak gitu :mrgreen:

    tapi diriku jadi bisa pulang kampung pas pemilu,
    padahal milih di jakarta 😛

  10. 10 bocahbancar Mei 1, 2009 pukul 12:14 am

    Hhh..Saya kemaren dulu ga ikut nyontreng Mbak..

    Biasa, mahasiswa jauh dari rumah, golput dech jadinya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: